MAKAM VAN BECK


 MAKAM VAN BECK

Makam Van Beck terletak di sisi selatan jalan Cigugur ke Palutungan. Secara administratif masuk dalam wilayah Kecamatan Cigugur. Di sebelah timur terdapat Markas Koramil Cigugur dan di seberang jalan terdapat gereja. Lokasi ini relatif mudah dijangkau dengan berbagai kendaraan. Secara astronomis terletak pada koordinat 6º56’58” LS dan 108º26’ BT
Makam Van Beck dibangun pada tahun 1912. Secara keseluruhan bangunan berdenah lingkaran yang membujur utara selatan dengan pintu berada di sisi utara. Bangunan bergaya Eropa ini dibagi menjadi tiga bagian. Bagian pertamaberupa kaki terbuat dari batu dan bata dengan spesi semen setinggi sekitar 70 cm. Bagian tubuh merupakan ruang bagi makam. Bangunan mengunakan bahan bata dengan spesi semen. Pada bagian ini terdapat hiasan berbentuk prisma terpancung. Di dalam ruangan ini terdapat makam dengan penanda berupa gundukan semen. Pada dinding ruang ini terdapat hiasan-hiasan tiang semu yang menempel di dinding. Bagian atap bangunan berupa kubah danpada bagian atasnya terdapat enam jendela kecil. Pada bagian puncak terdapat hiasan salib. Di sekitar makam van Beck terdapat beberapa makam orang Eropa.
Makam ini cukup penting untuk data sejarah arsitektur maupun sejarah secara umum masa lampau. Sekarang kondisi makam relatif masih utuh. Akan tetapi, melihat lokasinya yang tepat di pinggir jalan raya dikhawatirkan untuk ke depan objek ini akan terkena dampak perkembangan zaman.
Lokasi: Jalan Cigugur, Kecamatan Cigugur
Koordinat : 6º56’58” S, 108º26’
INFO : DISPARBUD JABAR

Comments

Popular posts from this blog

ASAL-USUL DESA TANGKIL / nambo CIREBON

SEJARAH DESA CIGARUKGAK CIAWI GEBANG KUNINGAN

Asal Usul Desa Kedawung