BABAD DESA KALIAREN


 BABAD DESA KALIAREN

Kaliaren adalah salah satu desa di utara Kuningan yang termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Cilimus. Mayoritas penduduk desa ini adalah perantau yang melanglangbuana ke pelbagai macam kota besar di Indonesia.
Ihwal sejarah desa ini, bisa disusuri melalui toponimi desa yang mana kata “Kaliaren” tersebut berasal dari kata “Kali” dan “Aren.” Kali karena di desa itu terdapat sungai yang mengalir hingga melewati beberapa desa lainnya, dan aren karena dulu di tempat itu banyak sekali pohon yang disadap sehingga menghasilkan gula aren.
Babad Cirebon mengonfirmasi mengenai kehadiran para petani aren di bawah kaki Gunung Ciremai tersebut, dan hal itu menjadi bukti yang tidak bisa dibantah mengenai eksistensi suatu daerah.
Menurut cerita yang dicatat desa, Kaliaren adalah tempat beristirahatnya Sunan Gunung Jati bersama rombongan ketika akan melakukan perjalanan ke Gunung Ciremai. Meski demikian, folklor ini mesti diteliti kembali keabsahannya berdasarkan sumber-sumber yang otoritatif.
Pada zaman Belanda, Kaliaren telah berkembang sebagai sebuah desa yang memiliki peranan sebagai penopang kehidupan masyarakat Cirebon. Hasil alam yang berasal dari desa ini biasanya dikirim untuk diperjualbelikan disana. Sekian mudah mudahan bermanfaat

Comments

Popular posts from this blog

ASAL-USUL DESA TANGKIL / nambo CIREBON

SEJARAH DESA CIGARUKGAK CIAWI GEBANG KUNINGAN

Asal Usul Desa Kedawung